Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Metode Penambangan Bawah Tanah, Cara Menambang Bawah Permukaan

Mengenal Metode Penambangan Bawah Tanah, Cara Menambang Bawah Permukaan
(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

GO-SINARBULAN.COM - Di muka bumi ini, metode penambangan pada dasarnya terdiri dari 2 bagian yaitu yang berhubjngan langsung dengan udara bebas dan sebaliknya yang tidak berhubungan langsung dengan udara bebas. Nah kali ini kita akan membahas tentang sistem penambangan yang tidak berhubungan langsung dengan udara bebas yang lasim diistilahkan dengan Tambang Bawah Tanah.
Tambang bawah tanah merupakan metode penambangan yang dilakukan di bawah permukaan bumi sehingga tidak langsung berhubungan dengan udara luar. Selama bertahun-tahun penambangan bawah tanah telah mengembangkan proses, metode dan teknologi baru. Berikut beberapa metode dalam melakukan penambangan bawah tanah

1. Long Wall

Untuk saat ini, metode Long Wall dianggap metode yang paling efektif dan aman diterapkan pada penambangan di bawah permukaan (bawah tanah). Dalam pengerjaannya, metode ini menggunakan bantuan alat mekanis drum cutter yang langsung menuju lapisan bahan galian. Metode yang satu ini biasanya dipakai dalam penambangan batu bara, dimana tingkat keberhasilannya bisa mencapai 80% dari total sumber daya yang ada.

Lobg Wall

2. Sub level Caving

Metode penambangan bawah tanah yang satu ini menerapkan sistem penambangannya dari atas ke bawah, dimana penambangannya dilakukan  pada setiap level secara lateral yang meliputi seluruh ketebalan bijih. Adapun metode pengambilan endapan bijihnya mirip top slicing tetapi dilakukan dari sub level. Adapun proses ekstraksi endapan bijihnya dilakukan di dua sublevel dengan cara meruntuhkan tiap levelnya.

Sub Level Caving

3.Block Caving

Block Cavibg merupakan salah satu metode penambangan bawah tanah yang dilakukan dengan membuat suatu undercut terhadap suatu blok endapan bijih. Dalam pelaksanaannya, metode ini diterapkan dengan menggunakan penyangga berupa pilar, dimana penyangga ini dibutuhkan sebelum undercut tersebut diruntuhkan secara perlahan. Dalam penerapannya, undercut biasanya dibuat setinggi 2,5 -6,0 meter dengan tujuan agar awal runtuhan berjalan lancar.

Block Caving

4. Room and Pilar

Dalam proses penambangannya, metode ini dilakukan dengan cara menetapkan suatu blok tertentu lalu dilanjutkan dengan melakukan penggalian masuk melalui dua jalur terowongan yang masing-masing berbentuk melintang dan memanjang, untuk melakukan penambangan dengan pembagian pilar penopang agar dinding terowongan dapat tertopang sehingga tidak roboh atau runtuh. Metode ini biasanya diterapkan untuk endapan batubara yang membentuk blok-blok persegi.

Room and Pilar

5. Cut and Fill

Metode ini juga dilakukan di bawah permukaan tanah dengan cara mengambil bagian demi bagian dimana setelah bahan galian diambil dari bagian yang telah ditambang, tempat pengambilannya yang telah kosong selanjutnya akan diisi dengan material pengisi sebelum penambangan berikutnya dilakuan. Metode ini termasuk metode tambang bawah tanah yang memerlukan biaya tinggi sehingga biasanya hanya diterapkan untuk endapan bijih yang memiliki nilai tinggi di pasaran.

Cut anf Fill

Pemilihan metode penambangan bawah tanah berupaya untuk menyempurnakan pendekatan dan memastikan keselamatan sekaligus memperoleh bahan galian yang dibutuhkan. Harapannya dengan menggunakan metode penambangan bawah tanah yang tepat dapat meningkatkan produktivitas tambang.

Demikian informasi terkait Mengenal Metode Penambangan Bawah Tanah, Cara Menambang Bawah Permukaan. 

Semoga Bermanfaat🙏

Sumber : Instagram @Bawahtanah.co.id

Post a Comment for "Mengenal Metode Penambangan Bawah Tanah, Cara Menambang Bawah Permukaan"