Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Tambang Terbuka yang Digunakan dalam Mengeksploitasi Bahan Galian

 

GO-SINARBULAN.COM - Halo sahabat tambang di mana pun berada, Salam Pertambangan🤝. Info Seputar Pertambangan kali ini akan membahas tentang Jenis-jenis Tambang Terbuka yang Umum Digunakan untuk Mengeksploitasi Bahan Galian. Tambang terbuka merupakan metode penambangan yang dilakukan untuk kegiatan penambangan dengan posisi kerja di atas atau dekat dengan permukaan dimana segala aktifitas kegiatannya berhubungan langsung dengan udara bebas.

Secara general tambang terbuka terdiri dari 4 jenis sebagai berikut :

1. Open pit/open cast/open cut/open mine

Lokasi Penambangan Nikel
(Foto  Dokumentasi Pribadi

Jenis open pit/open cast/open cut ataupun open mine merupakan istilah dalam Industri Pertambangan yang digunakan dalam mengeksploitasi endapan bahan galian berupa bijih, antara lain Nikel, Emas, Tembaga dll

2. Quarry

Quarry Marmer
(Foto  Dokumentasi Pribadi

Quarry Method ini merupakan suatu istilah dalam dunia pertambangan digunakan untuk penambangan bahan galian seperti Marmer, Andesit, batugamping, granit, dll, yang merupakan bahan galian industri.

3. Strip Mine

Strip Mine merupakan julukan yang diberikan untuk kegiatan pengupasan tanah penutup pada lapisan batubara dengan dengan kemiringan landai, atau diterapkan untuk endapan Batu bara dengan kemiringan yang relatif mendatar atau sedikit landai.

4. Alluvial mine

Untuk menambang material-material seperti pasir besi, bijih timah, emas placer, ataupun material lain yang merupakan endapan alluvial, maka istilah Alluvial Mine digunakan untuk metode ini. Diketahui bahwa alluvial mine ini terdiri dari 4 jenis berdasarkan cara penambangannya yaitu:

  1. Tambang Semprot
  2. Penambangan kapal keruk
  3. Manual
  4. Cara kering

Demikian info seputar pertambangan yang membahas Jenis-jenis Tambang Terbuka yang umum Digunakan untuk Mengeksploitasi Bahan Galian.

Semoga Bermanfaat 🙏

Post a Comment for "Jenis Tambang Terbuka yang Digunakan dalam Mengeksploitasi Bahan Galian"