Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Utama Terjadinya Fly Rock dan Misfire pada Kegiatan Peledakan




Penyebab Fly Rock dan Misfire
(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

GO-SINARBULAN.COM - Sahabat Tambang dimana pun berada. Kali ini info Seputar Pertambangan akan memuat tentang penyebab Fly Rock dan Misfire pada suatu kegiatan Peledakan. Tentunya dua hal ini sudah tidak asing lagi bagi kita yang berkecimpung di dunia Pertambangan kan? Terutama yang menggeluti kegiatan Peledakan Tambang. 

Fly Rock ( batu melayang) dan Misfire ( Gagal Ledak) merupakan hal yang tidak diharapkan terjadi pada kegiatan peledakan  

Fly Rock adalah sebuah peristiwa terlemparnya fragmentasi batuan ke udara akibat dari kegiatan blasting yang kurang sesuai dengan SOP, sedangkan Misfire merupakan suatu kejadian gagalnya bahan peledak meledak pada suatu kegiatan peledakan yang sudah direncanakan oleh hal-hal tertentu. 

Nah secara lebih detail apa saja penyebab terjadinya Fly Rock dan Misfire? Berikut penjelasannya. 

A. Fly Rock

(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya Fly Rock sebagai berikut :

  • Pengeboran lubang ledak yang kurang memadai 
  • Pengisian bahan peledak yang tidak sesuai 
  • SOP yang digunakan hanya untuk peledakan primer 
  • Mengesampingkan kontrol dan identifikasi peledakan sekunder 
(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

Untuk kejadian Fly Rock, fragmentasi yang terlempar kebanyakan tidak berukuran besar, namun dengan jumlah yang banyak dan hantaman dari ketinggian bisa berbahaya dan menyebabkan kerusakan pada alat/kendaraan yang ada di sekitar tambang.

B. Misfire

(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

Sebagaimana dengan Fly Rock yang terjadi karena adanya beberapa hal, maka Miss Fire pun demikian adanya.  Terdapat pula beberapa hal yang dapat menjadi penyebab Misfire / Gagal Ledak. 

Dalam sebuah kegiatan drill and blast pada industri pertambangan, ada sebuah kemungkinan bahwa lokasi yang sudah ditandai dan dipasang alat peledak ternyata tidak jadi meledak dikarenakan 4 hal yang kurang diperhatikan sebagai berikut :

  • Produk 

(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

Produk yang digunakan untuk peledakan sudah terkontaminasi dengan udara, air, ataupun sudah melewati tanggal kadaluwarsa. Hal ini bisa menyebabkan tingkat kesuksesan dalam peledakan berkurang. 

  • Proses Transportasi 

(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

Untuk proses tranportasi baik dari darat ataupun dari laut tidak menutup kemungkinan untuk produk terekspose dengan udara, bergesekan satu sama lain, dan terkontaminasi dengan air. 

  • Inventory/Penyimpanan 

(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

Penyimpanan yang tidak bagus kondisi suhu, sirkulasi udara, jarak dengan dinding, sistem first in first out-nya akan mempengaruhi efektivitas kerja produk. 

  • Handling/Technical 

(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

Kesalahan design, pengetahuan produk yang minim, ketelitian perangkaian alat ledak juga sangat fatal dalam proses peledakan ini. 

Beberapa faktor di atas sangat penting untuk diperhatikan sebab akan besar pengaruhnya terhadap kesuksesan blasting atau peledakan di tambang. 

Faktor sekecil apapun perlu diidentifikasi dan diperhitungkan dalam pelaksanaan blasting, karena jika ada yang keliru bisa membahayakan pekerja dan menimbulkan kerugian akibat kerusakan alat/kendaraan yang ada di sekitar lokasi peledakan. 

Dengan demikian, untuk memperoleh peledakan yang  sukses harus mempertimbangkan kondisi, keadaan, penanganan, serta hal-hal lain dari berbagai sisi. 

Demikian informasi mengenai Penyebab Fly Rock dan Miss Fire pada suatu kegiatan peledakan. Penyebab-penyebab tersebut hanya merupakan garis besar saja, dan kemungkinan masih ada penyebab lain yang belum termuat di sini. Untuk itu, masukan dari Sahabat Tambang sangat diharapkan agar dapat menambah pengetahuan pada bidang yang satu ini. Terima Kasih, Semoga Bermanfaat🙏

Sumber : Instagram @bawahtanah.co.id

Post a Comment for "Penyebab Utama Terjadinya Fly Rock dan Misfire pada Kegiatan Peledakan"