Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inovasi Teknologi untuk Pekerjaan Tambang jadi Aman

(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

GO-SINARBULAN.COM - Halo Sahabat Tambang... Info Seputar Pertambangan kali ini akan membahas tentang inovasi yang dapat diterapkan agar keamanan dalam pekerjaan tambang tetap terjaga. Inovasi apa saja yang bisa dicoba dan diterapkan? Simak selengkapnya! 

Besarnya potensi bahaya di Dunia Pertambangan baik tambang terbuka maupun tambang bawah tanah berpotensi menimbulkan kerugian material hingga korban jiwa, yang  akan mengharuskan setiap perusahaan memiliki sebuah sistem yang mampu memonitor hingga mencegah terjadinya kecelakaan tambang. 

Nah agar kerja di tambang tetap aman, maka dapat menggunakan 3 teknologi berikut :

1. Driving Monitoring System 

Driving Monitoring System ini lebih dikenal dengan cabin camera. Digunakan untuk live monitoring aktivitas operator yang ada di dalam unit dan memberikan alarm ketika ada indikasi berbahaya seperti close eyes, smoking, overspeed, dll. 

2. Deteksi Dini Kelongsoran Lereng Tambang 

Prediksi waktu longsoran lereng highwall tambang juga sangat penting untuk meminimalisir kerugian dan korban jiwa. Teknologi ini bisa dilakukan dengan menggunakan radar, ekstensometer, dll. 

3. Smart Mining 

Smart Mining yang berarti tambang pintar merupakan sebuah inovasi teknologi hasil kolaborasi antara IoT dan big data dalam monitoring aktivitas operasi pertambangan, dimana ada 3 metodologi utama yang dimunculkan dalam hal ini yaitu perangkat pintar, perangkat terhubung, dan perangkat IoT.

  • Dengan adanya integrasi dari ketiga aspek teknologi tersebut, diharapkan dapat : 
  • Mempermudah proses decision making dan pembuatan langkah strategisMempermudah pemantauan dan kontrol di lapangan
  • Menambah nilai lebih kepada client.

Dengan adanya inovasi teknologi- teknologi pendukung keselamatan kerja ini diharapkan bisa memperkuat safety culture sebagai nilai utama perusahaan

Selain tiga jenis di atas, masih banyak Inovasi teknologi keselamatan tambang lainnya dan tentunya akan semakin berkembang dan bertambah kedepannya. 

Demikian informasi Seputar Pertambangan kali ini. Nantikan informasi-informasi berikutnya.  

Semoga Bermanfaat🙏

Sumber : Instagram @bawahtanah.co.id 


Post a Comment for "Inovasi Teknologi untuk Pekerjaan Tambang jadi Aman"