Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Garam Juga Termasuk Salah Satu Komoditi Tambang

Garam Juga Termasuk Salah Satu Komoditi Tambang
(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

GO-SINARBULAN.COM - Hai Sahabat Tambang dimana pun berada. Kali ini Info Seputar Pertambangan akan menyajikan informasi tentang Garam. Tahukah anda bahwa ternyata garam juga termasuk ke dalam komoditi Tambang. Dalam artian, Garam juga merupakan hasil tambang. Lalu metode apa yang digunakan untuk menambang Garam?

Dilansir dari laman Instagram @bawahtanah.co.id, ternyata garam tidak hanya dihasilkan dari proses evaporasi air laut yang dijemur di bawah sinar matahari. Ternyata ada jenis garam yang dihasilkan dari proses pertambangan loh. 

Nah simak info selengkapnya yaa. 

Secara Umum, ada tiga metode yang digunakan untuk memproduksi garam: 

  • Deep-shaft mining 
  • Solution mining/borehole extraction 
  • Solar evaporation (penjemuran air laut di bawah sinar matahari) 
1. Deep-shaft Mining  

Metode Deep-Shaft Mining
(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

Metode tambang ini sangat mirip dengan metode penambangan mineral pada umumnya. Garam yang ditambang berupa deposit yang sudah terendapkan di bawah tanah selama ribuan tahun.

2. Solution Mining 

Solution Mining
(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

Metode ini dilakukan dengan cara mendirikan sumur di atas lapisan garam untuk menyuntikkan air untuk memompa supaya garam bisa dialirkan keluar dan diproses di pabrik. 

3. Solar Evaporation 

Solar Evaporation
(Foto : Instagram @bawahtanah.co.id)

Ini adalah metode yang paling umum digunakan untuk memproduksi garam dapur yaitu dengan memanfaatkan angin dan matahari untuk menguapkan air sehingga hanya kristal-kristal garam yang tersisa. 

Menurut data Salt Institute, pada tahun 2006 lebih dari 200 juta ton garam diproduksi di dunia dengan produsen terbesar adalah China yang menghasilkan 48 juta ton dan disusul oleh US yang memproduksi 46 juta ton garam. 

Nah sekarang sudah tahu kan bahwa garam juga salah satu hasil tambang, meskipun harganya jauh di bawah komoditas tambang lainnya. 

Demikian informasi tentang Garam yang juga termasuk Komoditi Tambang.

SEMOGA BERMANFAAT 🙏



Post a Comment for "Garam Juga Termasuk Salah Satu Komoditi Tambang"