Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahapan Preparasi Sampel yang Umum Dilakukan pada Bahan Galian Nikel hingga Uji Lab

Proses Preparasi Sampel Nikel

GO-SINARBULAN.COM - Preparasi Sampel merupakan proses penyiapan sampel agar layak diuji di laboratorium. Pada Industri Pertambangan Proses preparasi sampel adalah salah satu tahapan yang sangat penting dimana proses ini akan sangat berpengaruh terhadap keakuratan hasil analisis. Analisis sendiri dilakukan untuk mengetahui kandungan dari unsur-unsur yang ada pada sampel yang diuji sehingga dapat diketahui kadar dari sampel bahan galian tersebut. Kandungan atau kadar dari bahan galian akan sangat berpengaruh terhadap harga bahan galian yang bersangkutan. 

Dalam hal proses mempersiapkan sampel, tentunya akan melalui tahapan-tahapan tertentu. Nah berikut merupakan tahapan preparasi sampel nikel yang biasa dilakukan pada Industri Pertambangan Nikel, hingga Uji Laboratorium.

Sebelum masuk ke tahapan preparasi sampel nikel, terlebih dahulu akan dibahas tentang Macam-Macam Sampel di Laboratorium Preparasi.

Macam-macam sample di laboratorium preparasi

1. Sample Basah (-10mm)

Sample basah yang dimaksud disini adalah sample yang masih berbentuk tanah mentah dari lapangan (PIT/Stockpile) yang biasanya di kirim ke preparasi untuk di analisa.


Sampel Basah
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

2. Sample Dry -3mm

Sample dry yang dimaksud disini adalah sample basah yang telah di oven/digoreng guna menghilangkan kadar air pada sample tersebut yang ukuran partikelnya lebih kecil dari 3mm.

Sampel Dry -3 mm
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

3. Sample Pulp 200 Mesh

Selain dua jenis sampel di atas, terdapat pula Sample Pulp yang dimaksud disini adalah sample dry yang telah dihaluskan lagi menggunakan pulverizer hingga partikel sizenya kurang lebih 200 mesh yang mana sample tersebut telah siap di analisa di x-ray epsilon-3 & 4 milik PT. Ang And Fang Brother

Sampel Pulp
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Demikian macam-macam sampel di Laboratorium.Preparasi. selanjutnya akan dibahas tentang Tahapan Preparasi berikut:

Tahapan Preparasi Sampel Nikel di Laboratorium Preparasi

1. Screening Wet             

Screening dilakukan untuk memisahkan ukuran dan mengelompokannya. sampel yang sering di ambil dari hasil produksi maupun dari stockpile memiliki ukuran kurang lebih -20 MM .

Oversize sampel akan direduksi menjadi kurang lebih -10mm.


Kegiatan Screening
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

2. Mixing

Tahap ini merupakan  proses  pencampuran ore yang sejenis dengan perkiraan kadar yang sama. Tujuan mixing ini adalah agar sampel yang dipersiapakan dapat memiliki kadar yang merata, dan  prinsip sampling keterwakilan dan kemerataan dapat terpenuhi. Mixing dilakukan 3 kali dengan cara dicampurkan menggunakan sekop.

Kegiatan Mixing Sampel
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

3. Matriks

Tahapan  ini  merupakan  proses  reduksi volume sampel. Reduksi material ini diperlukan karena sampel yang mampu diterima oleh laboratorium instument selaku laboratorium analisis adalah sebanyak 100  gram. Matriks di buat 4x5 dengan  pengambilan secara silang. Sampel di reduksi pada tiap ukuran hingga mencapai ukuran -200 mesh.

Proses Reduksi dengan Matrix 4 x 5 
(Sampel Basah)
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Proses Reduksi dengan Matrix 4 x 5 
(Sampel Kering)
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

4. Oven Drying dan Manual Drying

Tahap selanjutnya merupakan  tahapan pengeringan sampel menggunakan oven. Namun untuk kategori sampel urgent seperti Sampel Check dan Sampel Selektif, pengeringan dilakukan secara manual menggunakan wajan. Hal ini dilakukan agar proses pengeringan dapat berlangsung dengan cepat.

Proses Pengeringan secara Manual
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Proses Pengeringan dengan Oven
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

5. Top Grinding

Setelah proses pengeringan selesai, kegiatan selanjutnya adalah proses mereduksi ukuran sampel hingga berukuran -200 mesh. Alat yang digunakan adalah Top  Grinding .


Kegiatan Top Grinding
Final (Foto : Dokumentasi Pribadi)

6. Final Mixing

Saat sampel yang berukuran -200 mesh telah siap, maka kembali dilakukan kegiatan mixing material. Untuk mengefisienkan waktu maka mixing dilakukan secara manual menggunakan plastic bag. Caranya dengan memasukkan sampel ke dalam plastik bag lalu sampel tersebut diaduk-aduk secara vertikal dan horizontal selama kurang lebih 2 menit atau apabila sample telah dianggap homogen. Setelah  semua rangkaian persiapan sampel telah usai dan siap dianalisa. Kegiatan selanjutnya adalah proses analisa kadar dari sampel tersebut. Untuk keperluan itu, sampel dikirim menuju laboratorium instument dan akan dianalisa kadar dari unsur-unsur tertentu. Nah inilah tahap akhir dari proses preparasi sampel Nikel. 

Final Mixing dengan Metode Manual
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Demikian tahapan kegiatan Preparasi Sampel Nikel. Selanjutnya akan dibahas sedikit tentang proses Analisa Instrumen di Laboratorium.

ANALYSIS INSTRUMEN LABORATORY

Sesuai dengan yang telah dijelaskan  sebelumnya bahwa setelah sample dipreparasi  maka akan dianalisa unsur-unsurnya. Analisa tersebut dilakukan di laboratorium instrument. Laboratory ini merupakan  depertement di bawah  satuan kerja QAQC. Depertemen ini bertanggung  jawab atas analisa setiap sample yang di ambil dan menginformasikanya kepada depertement  mane production  (grade control) berikut ini ialah proses yang berlangsung secara garis besar.

1. Cuping sample

Sample yang berukuran -200 mesh diisi ke dalam cup dengan massa sebanyak 20 gram.

Proses Cuping Sampel
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Sampel yang telah dicuping
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

2. Pres Pellet

Sample yang  telah di cuping kemudian di tekan dengan kekuatan 20 ton menggunakn alat  press sehingga terjadi pemadatan sampel. Tujuannya adalah mempersiapkan sampel agar sesuai dengan kebutuhan alat analisis dan siap untuk dianalisis. 

Press Pellet
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Hasil pemadatan sampel oleh alat press pellet
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

3. Analisa Unsur Sampel

Setelah pemadatan selesai, maka di lanjutkan dengan  proses penembakan sinar X-ray menggunakan alat Epsilon -4. Alat ini bekerja dengan  menembakan sinar X-ray ke permukaan sample sehingga dapat  diketahui kadar dari masing-masing unsur. Analisis dilakukan berdasarkan perbedaan kerapatan molekul-molekul unsur yang menyusun ore. Proses penembakan dilihat melalui monitor dengan aplikasi program  Epsilon 4 software.

Instrumen X-Ray Epson -4
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Bagian dalam dari X-Ray
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Hasil penembakan dilihat melalui monitor
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Demikian Tahapan Preparasi Sampel Nikel yang dilanjutkan dengan proses analisis sampel. 

Semoga Bermanfaat 🙏

By Sinbul💚






Post a Comment for "Tahapan Preparasi Sampel yang Umum Dilakukan pada Bahan Galian Nikel hingga Uji Lab"