Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peralatan Pemboran Eksplorasi Nikel Laterit beserta Fungsinya

GO-SINARBULAN.COM – Banyak diantara kita yang masih bertanya-tanya tentang alat-alat apa saja yang digunakan saat melakukan Pemboran Eksplorasi Nikel Laterit di lapangan. Karena kadang yang ada di teori berbeda dengan kenyataan di lapangan. Terlebih bagi siswa(i) sekolah kejuruan ataupun mahasiswa yang memiliki jurusan yang relevan dengan bidang Ekpslorasi. Nah berikut ini akan dipaparkan mengenai peralatan pemboran eksplorasi Nikel Laterit yang pengambilan gambarnya langsung dari area kerja. Yuk kita bahas bersama.    

PERALATANPENGEBORAN EKSPLORASI NIKEL LATERIT

BESERTA FUNGSINYA

Secara umum terdapat beberapa peralatan yang digunakan pada kegiatan Pemboran Eksplorasi Nikel Laterit, termasuk peralatan pelindung diri yang lebih dikenal sebagai APD, disamping peralatan utama, pendukung dan peralatan Wellsite Geologist

 

A.     Alat Pelindung Diri (APD) pada Kegiatan Pemboran Eksplorasi Nikel Laterit

 

Untuk melindungi diri dari berbagai hal yang tidak diharapkan pada setiap aktivitas pemboran eksplorasi nikel laterit, maka penggunaan alat pelindung diri sangatlah dianjurkan dan merupakan kewajiban bagi setiap pekerja untuk menggunakannya. Berikut Alat pelindung diri pada kegiatan Pemboran Eksplorasi Nikel Laterit :

 

No

Nama dan Fungsinya

Gambar

1

Safety Helmet. Alat ini umum digunakan pada setiap aktifitas pemboran eksplorasi yang berfungsi menjaga dan melindungi kepala dari benturan ataupun dari timpahan  benda-benda yang dapat mengenai kepala secara langsung.



2

Ear plug. Mengingat bahwa kegiatan pemboran eksplorasi merupakan salah satu kegiatan pada dunia pertambangan yang memiliki tingkat kebisingan yang tinggi dari suara mesin bor yang berlangsung terus-menerus sepanjang kegiatan ini dilakukan, maka hal ini sangat rawan mengganggu fungsi pendengaran. Untuk itu penggunaan Ear Plug sangatlah dianjurkan, dimana alat ini akan dapat melindungi fungsi pendengaran dari suara-suara kebisingan tersebut..






3

Sarung tangan. Sarung tangan pada kegiatan pemboran eksplorasi sangatlah diperlukan dan berfungsi sebagai alat pelindung tangan pada saat bekerj, dimana kondisi kerja pada kegiatan pemboran eksplorasi berhubungan dengan benda-benda yang terbuat dari besi serta material-material keras yang berotensi membuat tangan kita lecet.

Jenis sarung tangan yang cocok digunakan adalah Lifting Hand Gloves yaitu sarung tangan yang data meminimalisir potensi selip pada saat mengangkat sesuatu. Jenis ini juga dapat melindungi tangan dari goresan benda tajam. Biasanya terbuiat dari kain yang berserat dan untuk menambah kekuatan cengkraman tangan saat mengangkat, maka di bagian telapak tangan ditambahkan lapisan karet.




4

Sepatu boot  merupakan sepatu yang khusus untuk pekerja yang bekerja di area basah (becek/berlumpur), seperti di dalam dunia eksplorasi. Bukan hanya sekedar melindungi telapak kaki saja, safety shoes juga dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja yang fatal seperti kejatuhan benda-benda keras. Bahkan safety shoes juga memiliki kemampuan yang cukup besar dalam menahan berat sehingga resiko patah tulang atau masalah lainnya dapat diminimalisir.

 

Kebanyakan sepatu karet dilapis dengan metal, daN berfungsi untuk melindungi kaki dari benda yang tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dsb.





5

Safety Glasses (Kacamata pengaman).  Alat ini perlu digunakan pada kegiatan pemboran eksplorasi,  mengingat bahwa kegiatan ini berhubungan langsung dengan alam sekitar. Kegunaan  kacamata safety untuk melindungi mata dari bahaya seperti percikan air, debu, asap knalpot, serta percikan lumpur di area kerja.




6.

Bennet. Mengingat bahwa kegiatan pemboran eksplorasi ini umumnya dilakukan di hutan, maka kehadiran serangga sewaktu-waktu dapat menyerang. Untuk itu penggunaan benet sangat diperlukan untuk melindungi wajah/bagian kepala dari serangan serangga jika ada.

 

 

B.     Peralatan Utama

 

           Pada kegiatan Pemboran Eksplorasi Nikel Laterit ini, peralatan utama adalah komponen Mesin Bor. Berikut akan dibahas komponen mesin Rig berupa Jacrow tipe 175. Alat ini digunakan untuk eksplorasi pengambilan sampel dengan sistem coring. Adapun komponen-komponen dari mesin jacrow tipe 175 yaitu :

 

 

No

Nama dan Fungsinya

Gambar

1

Mesin pompa air. Terdapat banyak tipe mesin pompa air yang digunakan untuk pemboran eksporasi nikel laterit, namun pada gambar di samping ditampilkan mesin Yanmar TF 65, berfungsi sebagai alat penggerak air terhadap sanchin air tipe SC45

 






2

Control Panel, berfungsi sebagai alat penggerak untuk semua komponen pada mesin bor.


3

Motor Orbit, berfungsi sebagai alat yang mengubah tekanan oli menjadi putaran yang menggerakkan gearbox, wireline dan winch

 

 





4

Roller Wireline, berfungsi untuk mengangkat Inner Cup saat melakukan aktivitas pemboran.




5

Roller Winch, berfungsi untuk mengangkat dan menurunkan pipa pada saat melakukan pemboran



6

Gear Box, berfungsi untuk untuk memutar pipa rotari pada saat aktivitas pemboran.



7

Inner Tube, Sebagai alat untuk mengangkat core hasil pemboran.





8

Core Barrel merupakan inti dari tabung yang dimasukkan ke dalam tanah, dengan di lengkapi mata bor untuk membuka lubang dan Innertube, Split serta pengancing agar core tidak mudah lepas.


 


9

Core Case, Kolifter dan Stopring, berfunngsi untuk menangkap dan mengancing ore agar tidak terlepas.

Mata Bor berfungsi untuk menerobos batuan yang dilaluinya yang digerakkan oleh gear box dengan perantaraan batang bor


10

Pipa bor berupa pipa yang berbentuk silinder yang bagian tengahnya berlubang. Terdapat beberapa ukuran panjang dari batang bor, namun pada gambar di samping ukuran panjang 3m. Pipa-pipa bor tersebut berguna untuk meneruskan putaran dan tekanan mesin bor ke mata bor.

 



 




C.   Peralatan Pendukung Pemboran

           Ada beberapa alat pendukung pemboran yang tak kalah pentingnya dan digun akan saat kegiatan berlangsung, sebagai berikut :

 

No

Alat dan Fungsinya

Gambar

1

Core Box dan Pipa Paralon.

Core box berfungsi sebagai alat untuk menempatkan Ore hasil pemboran, sedangkan pipa paralon dengan panjang satu meter yang di setiap pipa terdapat penanda dengan total panjang 10 cm. Berfungsi sebagai tempat penyimpan ore yang keluar dari Innertube.



2

Meja dudukan innertube, berfungsi sebagai tempat dudukan  innertube yang dikeluarkan dari dalam lubang bor, untuk proses pengeluaran ore.



3

Kunci Varmalin, berfungsi untuk membuka dan mengunci Inner tube.



4

Kunci Pipa (Pipe Wrench), berfungsi sebagai alat untuk menggabungkan dan memisahkan pipa sambungan.



5

Cangkul, berfungsi sebagai alat untuk membuat Drillpad atau kedudukan mesin jacrow pada medan yang curam

 

 

 



6

Parang, digunakan untuk merintis/membuat jalur moving rig sehingga mempermudah akses mesin menuju titik bor yang sudah di tentukan.



7

Drum Air, berfungsi sebagai penampungan air dimana air tersebut digunakan untuk proses kegiatan drilling

 

 



8

Terpal, berfungsi untuk melindungi aktifitas kerja dibawah terik matahari ataupun hujan dan sebagai pelindung pada tempat core box supaya kegiatan drilling berjalan dengan baik.



9

Chainsaw/Gergajimesin, berfungsi sebagai alat pemotong pohon berukuran besar,yang dimana pohon tersebut  tidak mampu di potong oleh parang maka digunakan Chainsaw sebagai pemotong.






 

D. Peralatan Wellsite Geologist

  • Radio Komunikasi (Walky Talky). Alat ini berfungsi sebagai alat komunikasi saat di lapangan












  • Kantong Sampel, Berfungsi sebagai wadah penyimpan ore hasil pengeboran

  • Flagging Tape, untuk penulisan nomor Hole id dan meteran.


  • Karung, berfungsi untuk tempat penyimpanan sampel untuk diangkut ke lab
  • Core Longging Sheet, adalah kertas deskripsi untuk mencatat nomor sampel, meteran dari hasil bor, kedalaman ore, ore yang keluar dari hasil Runningan, jumlah ore, Zonasi yang terdapat dalam ore, Lithology warna pada ore, tingkat pelapukan, tingkat butiran, dan mineral yang terdapat dalam ore.

  • Daily Drilling Report, untuk mencatat waktu kerja dan keperluan mesin pemboran.


  • Papan Clipboard berfungsi sebagai pengalas Loggingan.


  • Tali rafiah, berfungsi untuk mengikat sampel dan keperluan lainnya

         

  • Alat tulis : pulpen, spidol permanen, spidol white board.

          

  • Alat ukur / Meteran, untuk mengukur Ore dan Stick Up.

           

  • Kode Meteran, berfungsi sebagai penanda di setiap meteran antara meteran yang satu dengan yang lainnya.
            

Demikian informasi terkait Peralatan Pemboran Nikel Laterit beserta Fungsinya.

Semoga Bermanfaat 🙏

 

Post a Comment for "Peralatan Pemboran Eksplorasi Nikel Laterit beserta Fungsinya"