Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Kepiting Super Bersih

 


Cara Membersihkan Kepiting Super Bersih
 (Vidio : Youtube @Sinbul Channel)

GO-SINARBULAN.COM - Kepiting merupakan salah satu makanan laut yang sangat diminati oleh sebahagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan di berbagai kalangan rata-rata senang dengan kepiting. Cita rasanya yang khas membuat lidah ketagihan saat mencicipinya. Namun kadang kita hanya bisa jadi penikmat karena dengan alasan tidak tau cara membersihkannya. Capit kepiting yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan jari-jemari kita, membuat banyak diantara kita yang khawatir membersihkannya.

                                               

Kepiting

(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Nah berdasarkan kondisi tersebut, maka pembahasan kali ini adalah cara membersihkan kepiting super bersih. Pengalaman membersihkan kepiting ini diperoleh langsung dari masyarakat yang memang sumber mata pencahariannya adalah menangkap kepiting, tepatnya di daerah Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Menurut masyarakat setempat, selain kepiting jantan dan betina, ternyata ada juga yang disebut kepiting ‘banci’. Wah bagaimana cara menentukannya? Nah selain akan menjelaskan cara membersihkan kepiting, juga sedikit akan dibahas tentang perbedaan antara kepiting jantan, betina dan 'banci'.

Cara Membersihkan Kepiting Super Bersih

Untuk memperoleh kepiting yang super bersih dan siap untuk dikelolah lebih lanjut, maka berikut langkah-langkahnya:
  • Ambil kepiting yang masih terikat. (Kepiting saat dijual, tentunya masih dalam keadaan terikat pula karena masih hidup). Mengapa demikian? Karena kepiting yang sudah mati tidak pantas lagi untuk dijual karena cepat berbau bangkai dan dagingnya pun akan hilang. Berikut gambar kepiting yang masih terikat :
Kepiting Sebelum Dibersihkan
(Foto : Dokumentasi Pribadi)
  • Lepaskan kaki beserta capitnya dengan cara dipotong menggunakan pisau dapur. Caranya bagian sebelah dipegang, lalu sebelahnya lagi dilepas talinya lalu dipotong capit dan kakinya sebagaimana yang ada pada gambar berikut : 

Proses pelepasan capit dan kaki
(Foto : Dokumentasi Pribadi)



Kepiting siap dicuci n disikat
(Foto : Dokumentasi Pribadi) 

  •  Selanjutnya sikat kotoran yang menempel pada kepiting tersebut, baik pada bagian tempurung maupun badannya, lalu cuci bersih. Tentunya sikat yang digunakan adalah sikat bersih (khusus untuk kepiting). Pembersihan kepiting dengan sikat sangat diperlukan karena banyak kotoran yang menempel pada cangkang kepiting yang tidak akan keluar kalau hanya dibersihkan tanpa alat.


Pencucian kepiting dengan sikat
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

  •      Lepas bagian apron dari kepiting tersebut. (Apron adalah bagian kepiting yang harus dibuang,  berbentuk segitiga dan terdapat pada bagian bawah kepiting), sebagaimana yang ditunjuk oleh tanda panah berikut :


Apron Kepiting
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Apron juga dapat digunakan untuk mengenali jenis kelamin dari kepiting. Tahukah anda, ternyata kepiting itu terdiri dari 3 jenis. Selain kepiting jantan dan betina, oleh masyarakat setempat ternyata ada juga yang disebut kepiting ‘banci’.

Untuk betina, bentuk apronnya segitiga bulat/melebar dan agak bergelombang serta warnanya gelap. Untuk kepiting jantan bentuk apronnya segitiga memanjang/ramping, tidak bergelombang, serta warnanya terang.  Sedangkan untuk yang banci bentuk apronnya mirip betina segitiga bulat namun warnanya mirip jantan dan tidak bergelombang. Apronnya juga lebih kecil dari apron betina. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut :

Apron kepiting jantan, betina dan banci 

(Foto : Dokumentasi Pribadi)

      Keterangan :

    1.   Yang ditunjuk panah warna merah adalah apron kepiting jantan
    2.   Yang ditunjuk panah warna biru adalah apron kepiting betina
    3.    Yang ditunjuk panah warna hijau adalah apron kepiting banci

  • Lepaskan cangkang/tempurung kepiting yang sudah dibersihakan (cangkang jangan dibuang karena di bagian dalam cangkang terdapat telur atau bakal telur yang nikmat untuk disantap. Apabila kepiting betina bertelur, sebagian telurnya akan tersimpan pada bagian cangkang dan berwarna orange. Begitupun dengan kepiting ‘banci’, terdapat warna kekuningan (kuning pucat) di bagian cangkang dan rasanya mirip kuning telur ayam kampung. Sementara cangkang kepiting jantan biasanya berisi lemak yang tak kalah nikmatnya. Menurut masyarakat setempat, jenis kepiting ‘banci’ lebih banyak dagingnya dibandingkan dengan jenis yang lain. Untuk cangkang/tempurung kepiting betina dan ‘banci’, dapat dilihat pada gambar berikut :

Cangkang/tempurung kepiting

(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Catatan :

-  Yang ditunjuk panah berwarnah merah, cangkang kepiting banci.
- Yang ditunjuk panah berwarna hijau, cangkang kepiting betina yang lagi bertelur.

  •          Setelah  dibelah, lepas  insangnya dan buang. Selain itu  lepas juga  bagian sekitar mulut kepiting dan buang. Ingat, setelah cangkang kepiting terbelah, hati-hati dalam penanganannya terutama saat dicuci ulang. Jangan sampai isi cangkang ikut terlepas. Berikut gambar insang yang harus dibuang:

Insang Kepiting

(Foto : Dokumentasi Pribadi)


Kepiting yang sudah dibersihkan
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

  •         Ambil capit kepiting lalu pecahkan agar lebih mudah dikonsumsi dan bumbu meresap lebih baik. Ada beberapa cara memecahkan capit kepiting, termasuk dengan alat cracker seafood. Namun yang digunakan oleh masyarakat setempat adalah cobekan, sebagaimana yang terlihat pada gambar berikut :


Proses memecahkan capit kepiting
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

  •           Kepiting siap diolah sesuai selera.



Kepiting Siap Diolah
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Itulah cara membersihkan kepiting super bersih. Untuk lebih lengkapnya, dapat dilihat pada Chanel Youtube  :  @Sinbul Channel sebagaimana yang tercantum pada video di atas. 


Terima Kasih
Semoga Bermanfaat 🙏


Post a Comment for "Cara Membersihkan Kepiting Super Bersih"