Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

VIRAL : VIJAY BRIMOB TAMPAN JADI PENARI PANGNGARU’ PADA WONDERFUL RONGKONG

 

Vijai : Anggota Brimob Kab. Luwu Utara

GO-SINARBULAN.COM :  Wonderful Rongkong yang berpusat di Lapangan Desa Wisata Rinding Allo Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara pada tanggal 27-28 November 2021 baru saja usai dan sukses menuai banyak pujian. Rongkong adalah salah satu kecamatan yang ada di Luwu Utara. Daerah dengan julukan Tana Masakke ini merupakan daerah yang sangat unik, memiliki panorama alam yang indah, sejuk berselimut kabut di pagi dan sore hari, dengan kekentalan budayanya yang masih terjaga sampai saat ini, termasuk di dalamnya adalah tarian adatnya.

Salah satu sanggar seni yang masih menjunjung tinggi adat budaya Rongkong adalah Sanggar Seni Lipumaraninding. Sanggar ini bergerak pada beberapa bidang yang berkaitan dengan budaya Rongkong, di antaranya adalah pembuatan batik Rongkong yang lebih dikenal dengan Kain Roto Rongkong beserta keanekaragaman tari budaya Rongkong yang salah satunya adalah tari Pangngaru’.

Wonderful Rongkong berhasil menyimpan sejuta kenangan indah bagi yang terlibat di dalamnya. Tak ketinggalan pula dengan figur yang satu ini. Namanya Bripda Vijay Umar Achmadi Dg.Nai yang akrab dengan panggilan Vijay, bertugas di Batalyon D Pelopor Baebunta Kab. Luwu Utara. Sebelum terdaftar sebagai anggota Bimob, dia sudah tergabung sebagai salah satu anggota sanggar seni Lipumaraninding yang berprofesi sebagai Penari Panggaru’ Rongkong.

Walau anak muda yang berdomisili di Dusun Baebunta Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara ini sudah terdaftar sebagai anggota Brimob Kab. Luwu Utara, namun tetap saja setia sebagai anggota Sanggar Seni Lipumaraninding dan kerap tampil di berbagai event dengan karya-karyanya yang menakjubkan tanpa ada rasa gengsi sedikit pun.

Vijay dalam Tari Pangngaru' Rongkong

Saat dikonfirmasi tentang alasan sehingga dia tetap setia menjalankan profesinya sebagai Penari Pangngaru’ Rongkong, perjaka tampan kelahiran Palopo, 07 Mei 1999 ini mengaku sangat senang dan tertarik dengan budaya-budaya yang ada di Rongkong. Terlebih lagi dengan tarian penyambutan adat Rongkong yang melibatkan dirinya sebagai Pangngaru’.

“Karena suka dengan budaya-budaya yang ada di Rongkong, terutama tarian penyambutan adat Rongkong” kata Vijay saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler pada siang tadi, Jumat 10 Desember 2021.                                                          

Menurut pemuda tampan yang berdarah perpaduan antara Rongkong, India dan  Bugis Makassar ini, dia mulai menyukai tarian adat tersebut sejak duduk di bangku SMA. Karena menurutnya ada kebanggaan tersendiri yang dia peroleh saat membawakan tarian tersebut.

“Sejak dari bangku SMA saya mulai menyukainya. Ada kebanggaan tersendiri yang bisa saya dapatkan saat mambawakan tarian adat Mangngaru’ “, Lanjutnya.

Penampilan Vijay pada acara Wonderful Rongkong

Tak banyak anak muda pada jaman sekarang yang peduli dengan budaya. Tapi figur yang satu ini sangat peduli dan setia memperkenalkan budaya Rongkong dengan kelihaiannya sebagai seorang Pangngaru’. Terbukti pada kegiatan Wonderful Rongkong, Vijay menarik perhatian sebagai salah satu peserta pangngaru, tampil menghibur ribuan tamu yang hadir pada saat itu. Bangga dan kagum padamu Vijay. Bangga memiliki generasi yang cinta dan peduli budaya daerahnya. 


2 comments for "VIRAL : VIJAY BRIMOB TAMPAN JADI PENARI PANGNGARU’ PADA WONDERFUL RONGKONG"